Latar Belakang

Pertumbuhan ekonomi dan daya saing Indonesia tentunya sangat ditentukan oleh kemajuan dan daya saing masing-masing daerah. Daerah yang menarik sebagai tujuan investasi akan memberikan  kesempatan yang besar untuk semakin bertumbuh.

Banyaknya investor yang menanamkan investasinya ke berbagai sektor  di suatu daerah,  berimplikasi pada terciptanya lapangan pekerjaan, peningkatan   pendapatan daerah, dan sekaligus menaikkan tingkat konsumsi masyarakat di daerah tersebut.

Untuk menunjang kemajuan pertumbuhan ekonomi suatu daerah, diperlukan infrastruktur seperti jalan, listrik, dan komunikasi sehingga memudahkan proses distribusi dan akses terhadap suatu pelayanan.

Sektor pariwisata juga merupakan salah satu Pendapatan Asli Daerah yang seringkali memberikan kontribusi yang besar bagi suatu daerah. Daerah-daerah yang mampu menarik turis dari dalam negeri maupun mancanegara akan mampu memberikan pemasukan yang besar sehingga meningkatkan pajak daerah dan menggairahkan ekonomi setempat baik sektor perdagangan, transportasi, akomodasi, dan lainnya.

Refleksi terhadap kemajuan daerah juga dapat dilihat dari kepuasan publik terhadap layanan-layanan yang diberikan oleh pemerintah daerah. Pelayanan di tingkat provinsi dan kabupaten maupun lembaga-lembaga pendidikan dan kesehatan juga merupakan salah satu cermin yang sangat menentukan pertumbuhan ekonomi daerah di masa mendatang.

Tujuan

Dengan memperhatikan latar belakang tersebut maka Frontier Consulting Group dan Tempo Media Group bermaksud melakukan pengukuran dan observasi terhadap daya tarik setiap daerah di Indonesia.

Keseluruhan pengukuran ini akan disebut Indonesia's Attractiveness Index yang diharapkan mampu memberikan gambaran daya tarik setiap kabupaten maupun tingkat provinsi.

Tujuan pengukuran dan penyebaran hasil pengukuran ini adalah :

  1. Untuk meningkatkan kesadaran kepala daerah akan pentingnya  menjadikan daerah mereka sebagai tujuan investasi dan pembangunan daerah.
  2. Untuk memberikan inspirasi kepada kepala daerah guna membangun strategi-strategi yang lebih terarah dan jelas di masa depan.
  3. Untuk memberikan informasi kepada para investor terhadap kesempatan bisnis untuk  investasi-investasi di daerah potensial di Indonesia.
  • Latar Belakang

    Pertumbuhan ekonomi dan daya saing Indonesia tentunya sangat ditentukan oleh kemajuan dan daya saing masing-masing daerah. Daerah yang menarik sebagai tujuan investasi akan memberikan kesempatan yang besar untuk semakin bertumbuh.

    anyaknya investor yang menanamkan investasinya ke berbagai sektor di suatu daerah, berimplikasi pada terciptanya lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan daerah
    Selengkapnya...

  • Metodologi

    Penilaian Indonesia Attractiveness Index dilakukan terhadap kabupaten/ kota yang lolos nominasi. Penentuan nominasi kabupaten/ kota dilakukan dengan 3 indikator, yaitu :

    • Kontribusi PDRB terhadap PDRB Provinsi diatas 20% atau PDRB diatas rata-rata PDRB Koridor MP3EI.
    • Pertumbuhan PDRB lebih besar dari rata-rata Pertumbuhan Koridor MP3EI atau PDRB Per Kapita lebih besar dari rata-rata PDRB Per Kapita Koridor MP3EI.
    Selengkapnya...