Penggagas

 

Indonesia’s Attractiveness Index (IAI)

Indonesia yang hebat akan mudah diwujudkan bila banyak Kabupaten, Kota, dan Provinsi yang semakin hebat. Daerah yang berdaya saing tinggi akan memberi kontribusi besar terhadap daya saing Nasional dan kemajuan daerah sangat dipengaruhi oleh kualitas dari para pemimpinnya.

Dengan pemikiran tersebut, Frontier Consulting Group bersama Tempo Media Group mengembangkan konsep pengukuran Indonesia’s Attractiveness Index. Kita berharap dengan melihat ranking daerahnya, banyak kepala daerah yang termotivasi dan terinspirasi untuk memajukan daerahnya agar semakin menarik bagi para investor dan juga memajukan pariwisata di daerahnya.

Mewakili Frontier Consulting Group dan Tempo Media Group, saya berharap hasil pengukuran Indonesia’s Attractiveness Index kelak bisa menjadi barometer bagi para investor untuk melihat peluang investasi di setiap daerah di Indonesia.

Handi Irawan D.
CEO Frontier Consulting Group

  • Latar Belakang

    Pertumbuhan ekonomi dan daya saing Indonesia tentunya sangat ditentukan oleh kemajuan dan daya saing masing-masing daerah. Daerah yang menarik sebagai tujuan investasi akan memberikan kesempatan yang besar untuk semakin bertumbuh.

    anyaknya investor yang menanamkan investasinya ke berbagai sektor di suatu daerah, berimplikasi pada terciptanya lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan daerah
    Selengkapnya...

  • Metodologi

    Penilaian Indonesia Attractiveness Index dilakukan terhadap kabupaten/ kota yang lolos nominasi. Penentuan nominasi kabupaten/ kota dilakukan dengan 3 indikator, yaitu :

    • Kontribusi PDRB terhadap PDRB Provinsi diatas 20% atau PDRB diatas rata-rata PDRB Koridor MP3EI.
    • Pertumbuhan PDRB lebih besar dari rata-rata Pertumbuhan Koridor MP3EI atau PDRB Per Kapita lebih besar dari rata-rata PDRB Per Kapita Koridor MP3EI.
    Selengkapnya...